Iklan adsensecmap

Selasa, 11 September 2012

NAMA NAMA JEROAN KOMPUTER


 

MOTHERBOARD


  Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

baca selengkapnya/////


PROSESOR
 
 
Sebenarnya nama aslinya adalah Central Processing Unit (CPU) Tapi lebih seringdisebut microprocessor, dan lebih sering lagi hanya processor . Perannya terbilang sentral, arena prosesor yang menentukan apa yang harus dikerjakan oleh komputer. Misalnya,sistem operasi yang dapat digunakan, software yang dipakai, berapa besar listrik yang ibutuhkan, seberapa stabil system berjalan, dan tentu seberapa kuat daya kerja omputer.  Maka makin kuat prosesor yang digunakan, makin kuat pula komputer  yang memilikinya. 

RAM (Random Access Memory)Memori akses acak 






 RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer  yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, sepertitape magnetik  disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan

HARDDDISK 




 Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yangdilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
 
VGA (Virtual Graphic Adapter)

 
 VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer . Tampilan Windows ampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

POWER SUPPLY
 
 
Fungsi dari power supply itu sendiri adalah merubah arus tegangan listrik bolak-balik (AC), menjadi searah (DC). Dengan fungsi tersebut maka arus tegangan listrik yang tadinya arus kuat berubah menjadi arus kecil 

SOUND CARD

 adalah suatu perangkat keras komputer  yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer  Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiapkomputer. 
Fungsi dari sound card ialah untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.

LAN CARD
 




Kartu jaringan (Inggris : Network Interface Card disingkat NIC atau juga network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yaitu : NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-Up Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang sesuai sebagai MAC Address yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

5 komentar: