Iklan adsensecmap

Sabtu, 15 September 2012

FASILITAS LAYANAN INFORMASI DI INTERNET



 Berikut ini adalah manfaat atau fasilitas yang terdapat di internet yang biasanya kita manfaatkan sehari hari..




1. Word Wide Web (WWW)
Merupakan fasilitas layanan yang paling popular di internet. Web memberikan layanan untuk mencari informasi dan data dengan mudah. Kumpulan dari halaman – halaman web disebut Website.

2. Browsing / Surfing
Sebuah layanan di internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs atau website guna untuk mencari informasi. Program yang digunakan untuk browsing misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat webside pada Address, misalnya, www.detik.com

3. Elektronic Mail (E-Mail)
Adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim E-mail kita harus mempunyai Email atau Mail Box.

Baca Selengkapnya....

4. Mailing List
Mailing List atau lebih dikenal dengan Milis yaitu layanan internet sebagai pengembang dari Email yang difungsikan untuk berdiskusi. Dengan menggunakan Milis, kita dapat menyampaikan pengumuman seperti : lomba pidato, Olimpiade Matematika, Sains dan lain – lain.

5. News Group
News Group adalah fasillitas layanan internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berdiskusi membahas suatu topik dalam sebuah forum antara pengguna lain.

6. Internet Relay Chat (chatting)
IRC adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting. Komunikasi dengan chatting dilakukan dengan cara mengetik tulisan.

7. File Tronfer Protokol  (FTP)
Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file, melalui layanan ini pengguna dapat mengirimkan file yang berisi tulisan, gambar, animasi dan lain - lain.

8. Telnet
Telnet merupakan fasilitas layanan internet, dapat digunakan untuk berbincang – bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai suara hingga gambar.


9. Internet Telephony
Fasilitas Internet Telephony memungkinkan para pengguna untuk berbicara melalui internet seperti layaknya menggunakan pesawat telepon. Alamat situs yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang Telephony adalah http://www.net2phone.com.

10. Internet Fax
Layanan ini data digunakan untuk mengirimkan faks yang biasa dilakukan  melalui mesin faksimili. Layanan internet faks memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang sangat banyak.

5 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat :D
    Saya dapat ilmu di sini

    BalasHapus
  2. tukarkan icon desktop..http://sararose-93.blogspot.com/2012/09/tutorial-tukar-icon-desktop.html

    BalasHapus
  3. modern technology world earth..:)

    BalasHapus
  4. mantap nih gan informasinya, ane jd paham, salam kenal ya.

    BalasHapus
  5. kunjungan perdana sob, salam kenal ya.

    BalasHapus