Iklan adsensecmap

Minggu, 26 Agustus 2012

NAMA NAMA MENARA UNIK DI INDONESIA

SilabEBerikut ini adalah menara terunik di Indonesia versi Kami sendiri;

1.  MONAS


 Tingginya 132 meter. dibangun atas prakarsa presiden Sukarno. Mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 dan selesai 12 Juli 1975. Dibangun untuk mengenang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Lidah Api di puncak menara dilapisi emas.

2. SKY TOWER PULAU KUMALA


Terletak di sebuah pulau kecil di tengah sungai Mahakam, yaitu Pulau Kumala di Tenggarong, Kalimantan Timur. Menara ini memiliki tinggi 100 meter. Di menara tersebut terdapat piringan yang dapat berputar dan bergerak naik turun. wah, pokoknya bisa lihat pemandangan indah disekitarnya. 
Anda bisa ke pulau Kumala dengan naeh Perahu dan Kereta Gantung yang disediakan.

3. MENARA SIGER

Diprakarsai oleh Syahrudin ZP (Gubernur Lampung) menara ini diresmikan tanggal 30 April 2008. mempunyai Tinggi 32 meter, panjang 50 meter dan lebar 10 meter serta tingkat 5 lantai. Yang unik adalah bentuknya seperti mahkota. Jika anda dari Jawa ke Sumatera, Menara ini akan langsung kelihatan dari pelabuhan Bakauheni. Jika pada malam hari, akan terlihat indah sekali.

4.  MENARA TVRI


Merupakan pusat stasiun televisi pertama di Indonesia yang selesai dibangun tahun 1962. Tingginya +/- 100 meter. Pada tahun itu, TVRI menyiarkan Asia Games yang diselenggarakan di Jakarta. PAda saat ini, menara ini juga digunakan untuk siaran ujicoba TV Digital di Indonesia.

5. TUGU PAHLAWAN

Terletak di Kota Surabaya, merupakan tugu untuk memperingati peristiwa 10 November 1945
Monumen ini mempunyai tinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Yang unik adalah Tubuh monumen ini berbentuk lengkungan-lengkungan  sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan lengkungan  mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. 

6. TUGU KATULISTIWA


Terletak di Pontianak, Kalimantan Barat,dibangun sebagai tanda bahwa di tempat tersebut adalah benar bena titik 0 (nol) dari garis Katulistiwa. Uniknya adalah didalam tugu tersebut terdapat tugu asli (dibuat pertama kali) yang berukuran kecil. Uniknya lagi,pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September tengah hari, bayangan apapun disekitar tugu tersebut akan hilang (kulminasi).
Tingginya lebih dari 15 meter.

7. MENARA JAM GADANG




Terletak di Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Tingginya 26 meter. Keunikannya adalah angka 4 Romawi yang seharusnya ditulis "IV", pada jam tersebut ditulis "IIII". Jam tersebut digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di Inggris

8. MENARA MANDALA
 Monumen yang terletak di Jalan Raya Jenderal Soedirman Makassar ini dibangun pada tahun 1993.Dibangun untuk memeringati operasi Mandala, yaitu operasi untuk pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda.  
Monumen ini memiliki tinggi 75 meter dan mempunyai 4 lantai. Masing-masing lantai berisi simbol-simbol perjuangan pembebasan Irian Barat dan perjuangan rakyat Sulsel, termasuk zaman Pahlawan Nasional, Sultan Hasanuddin.

9. MENARA MASJID AGUNG BANDUNG


Menara Masjid Bandung terdiri dari 2 buah yang bentuknya kembar atau sama. Tingginya lebih dari 80 meter. Anda dapat naik kepuncak menara hanya dengan Rp.2,000,-. dari atas menara, anda dapat melihat Seliruh Kota Bandung, Bahkan Gunung Tangkupan Perahu.


Itulah menurut saya, monumen/menara/tugu yang menarik perhatian. sebenarnya masih banyak menara di Indonesia yang mempunyai keunikan dari historis maupun arsiteknya. Misalnya; Menara Kudus, Tugu Yogya, Monumen Garuda Wisnu Kencana, tugu Tani, Monumen Bandung Lautan Api, dll
Satu lagi yang unik dan mungkin teman - teman sekalian belum tahu karena tempatnya dipedalaman. Yaitu Menara Ponpes Babussalam Al - Amin di Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur Lampung milik Bp.Anwar Sholeh. tingginya 99 meter dan yang unik adalah Pondok Pesantren tersebut menggunakan Kincir sendiri sebagai sumber Listrik. walaupun PLN sudah masuk.
Menara Ponpes Babusalam Al-Amin Lampung
 


3 komentar:

  1. wah saya pengen ke ponpes babussalam, sebenarnya dekat rumah tapi belum pernah kesana

    BalasHapus
  2. Ponpes Al-Amin Babussalam Sekampung Udik, Lampung Timur, sya pernah kesana cukup lama sekitar 1 bulan tahun 1994, waktu dapat penghargaan Kalpataru, dan kebetulan KH. Anwar Soleh, mbah Kyai masih Paman/Pak Lik, adik dari bapak saya ....syukurlah sekarang tambah maju dan berkembang Alhamdulillah.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah Saya sudah pernah kepanggil beliau mbah kyai Anwar sholeh.. sebuah tempat yang sangat luar biasa. Sebuah tempat jauh di pedal Aman Tapi bikin adem Hati. Kangen pengen kesana lagi

    BalasHapus