Iklan adsensecmap

Jumat, 27 Juli 2012

GANTI MCB PLN PRA BAYAR


Ini adalah pengalaman manarik saya.  Dua hari yang lalu, listrik saya bermasalah. MCBnya putus terus walaupun cuma pakai lampu 23 Watt saja. Saya jadi mangkel. akhirnya saya putuskan untuk datang ke PLN Kantor Jaga Sekampung. Setelah sampai disana, saya disambut dengan baik. Kemudian saya menyampaikan keluhan saya. Pegawai PLN yang saya temui malah bingung. saya jadi tambah bingung. kemudian dia menelpon temannya. saya gak tahu siapa. Kemungkinan orang dari kantor atasanya, Kemudian orang itu menjelaskan pada saya bahwa untuk PLN prabayar, jika mengganti MCB, harus meminta Nomor CT, yang akan digunakan untuk mengaktifkan kembali meteran setelah dibuka segelnya. Itu jadi pengalaman saya yang sangat berharga. Kemudian orang tersebut menyuruh saya pulang dan tunggu di Rumah.
Beberapa saat kemudian para teknisi PLN datang ke Rumah saya; orang yang bertemu saya di kantor, 3 anak PKL dari SMK, dan 1 orang teknisi. Lalu mereka menanyakan untuk penggantian MCB, alatnya bagaimana? saya jawab "saya sudah punya.." kemudian saya tunjukkan, karena memang ditempat saya banyak karena saya pedagang alat - alat listrik. Kemudian sang teknisi mengecek MCB yang saya punya. ternyata ditolak mentah - mentah. Alasanya tidak berani pasang karena yang jelek. Ok, saya turuti kemauan mereka. Kemudian sang Teknisi pergi ke Pasar untuk membeli MCB versi dia sendiri.
kemudian setelah dapat, MCB langsung dipasang tanpa basa basi, padahal saya ingin melihat MCB versi mereka itu seperti apa. setelah pemasangan MCB selesai barulah memasukkan kode CT dan listrik saya normal kembali. setelah itu saya tanya habis berapa mas? sang teknisi menjawab "ganti MCBnya aja mas Rp.75.000". Tanpa basa basi ku bayar. Kemudian orang2 tadi langsung cabut. Ada pertanyaan yang masih tersisa dalam benak saya..
1. Benarkan harga MCB segitu?
2. Apakah sang teknisi tidak digaji PLN?
3. Apakah kalau kita minta CT ke Kantor Cabang/ Wilayah bisa sendiri?
Apapun yang saya pikirkan, tidak akan merubah apapun. Yang terpenting Listrik udah gak rewel..

19 komentar:

  1. wah perlu ditanyakan langsung ke 123 nih

    BalasHapus
  2. seharusnya jawabannya adalah :

    1. Harga MCB bagus +- 40.000,- paling murah +- 15.000
    2. Pastinya kl petugas PLN digaji, klw yang kerumah itu orang luar
    3. Clear Templer (CT), Untuk MCB Bisa ganti sendiri tidak perlu buka segel, selanjutnya tinggal input code CTnya, jadi tinggal minta nomor CT di PLN kemudian beli MCB sendiri...

    By Sholihin Utayrus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah ngalamin ya juga pak?
      Kita mintanya ke PLN Metro Atau BAndar Lampung?

      Hapus
    2. klo di tempat saya ganti MCB oleh pihak PLN malah 350.000 tidak tau biaya apa semua.

      Hapus
    3. tidak perlu buka segel gmn caranya?

      Hapus
    4. ga perlu buka segel gmn caranya?

      Hapus
    5. Suami saya mengganti MCB sendiri yg di beli di toko,kemudian dia ke kantor PLN untuk meminta kode CT,tp orang PLN malah marah dan katax tidak bisa menggati MCB sendiri,kami dinyatakan akan di denda dan hukuman pidana.Untuk meringankan kami disuruh bayar 350rb untuk mengaktifkan kembali dan menggunakan MCB yg dari PLN.Itu gmn,benarkah kami yang salah??

      Hapus
    6. Suami sy baru saja mengganti MCB yg di beli di toko dan dtg ke kantor PLN untuk minta kode CT,tp orang PLN malah marah dan menganggap ini tidakan pidana dan harus di denda.Tapi kami di beri keringanan untuk membayar 350rb saja katanya seperti itu untuk dapat mengaktifkan kembali listrik kami.Jadi bagaimana,salahkah suami sy mengganti sendiri MCB nya

      Hapus
    7. Suami sy baru saja mengganti MCB yg di beli di toko dan dtg ke kantor PLN untuk minta kode CT,tp orang PLN malah marah dan menganggap ini tidakan pidana dan harus di denda.Tapi kami di beri keringanan untuk membayar 350rb saja katanya seperti itu untuk dapat mengaktifkan kembali listrik kami.Jadi bagaimana,salahkah suami sy mengganti sendiri MCB nya

      Hapus
    8. Kalo kode CT ny brpa yaa sama tidak semua

      Hapus
    9. Ini Pengalaman saya Bekerja Di Rekanan PLN,., setau saya memang Penggantian MCB sendiri Itu tidak boleh., karena MCB dari PLN Daya yg di hasilkan jika MCB itu 2Amp Maka Keluaran daya itu 460VA.,.sedangkan MCB yg ada di padaran itu daya maksimum yg dihasilkan mencapai 710VA,, itu yg pernah saya ukur..tentu saja setiap MCB akan berbeda daya yg dikeluarkan nya..

      Hapus
  3. Ganti mcb karena kerusakan murni dari pemakaian harusnya gratis... pling ngasih uang rokok... itu dipastikan oknum.. langsung lapor pusat

    BalasHapus
  4. MCB yg bagus itu yg Merek Schneider atau Merlin Gerin (Produknya Schneider Electric juga). Harga memang agak mahal, sekitar 95 ribuan, tapi bagus.

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak atas infonya

    salam Rajalistrik.com

    BalasHapus
  6. Yang penting sdh bisa,,
    Dari pada pasang sendiri gak bisa,, asalkan mcbnya sama2 milik pln yg ada tulisannya milik pln d mcb,, bkan yg warna htam atau orange

    BalasHapus
  7. Sy 2x ganti MCB biaya ny 400.000
    Kasus ny krn MCB sperti gosong. Knp yah?? Pdhal klo nyala yg berat2 selalu gantian. Kko air jet pump nyala, AC ga sy nyalakan. Masak nasi aja tggu air mati.

    BalasHapus
  8. Sy 2x ganti MCB biaya ny 400.000
    Kasus ny krn MCB sperti gosong. Knp yah?? Pdhal klo nyala yg berat2 selalu gantian. Kko air jet pump nyala, AC ga sy nyalakan. Masak nasi aja tggu air mati.

    BalasHapus
  9. kalo pemasangan ilegal, gmana cara mengetahui arus plus dan min nya

    BalasHapus